Skip to content
www.islamicglobalschool.sch.id
“Mencetak Generasi Berkepribadian Islam”
Kurikulum PAUD
KURIKULUM PAUD IGS

I. BLUE PRINT KURIKULUM PAUD IGS

Kurikulum PAUD IGS adalah seluruh program pembelajaran yang bersifat akademik maupun non akademik yang semuanya berorientasi pada tercapainya visi dan misi lembaga. Adapun Blue Print Kurikulum PAUD IGS dapat digambarkan dalam lingkaran Visi dan Misi PAUD IGS sebagai berikut :

kuripaud islamicglobalschool

II. PENJELASAN BLUE PRINT KURIKULUM PAUD IGS

A. MAKSUD DAN TUJUAN KURIKULUM

Kurikulum adalah “ program dan pengalaman belajar serta hasil-hasil belajar yang diharapkan, yang diformulasikan melalui pengetahuan dan kegiatan yang tersusun secara sistematis, diberikan kepada siswa di bawah tanggung jawab sekolah untuk membantu pertumbuhan  dan perkembangan  pribadi dan kompetensi sosial  siswa.

Seluruh materi yang diberikan kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran selalu mengacu pada tercapainya Visi dan Misi sekolah. Secara umum kurikulum PAUD IGS mengacu pada Kurikulum Nasional  yang telah ditetapkan oleh Dirjen Paud. Namun untuk menyesuaikan dengan karakter pendidikan Islam dan tuntutan pemenuhan pembelajaran inklusi, PAUD IGS juga memadukan dengan kurikulum internal khas PAUD IGS yang selalu menyesuaikan dengan tahap tumbuh kembang anak, pembentukan kepribadian Islam, menguasai tsaqofah Islam serta menguasi berbagai ilmu kehidupan.

B. PENGELOMPOKAN BIDANG KURIKULUM

Pengelompokan kurikulum di PAUD IGS dibagi dalam tiga kelompok :

NO. BIDANG
KURIKULUM
BENTUK
PROGRAM
MATERI KETERANGAN
1 Kepribadian Islam Budaya Sekolah Hubungan Manusia dengan Dirinya Kemandirian   memenuhi kebutuhan  diri,  disiplin,
menjaga kesehatan dll.
Hubungan Manusia
dengan Penciptanya
Syukur,     taat     sholat, infaq, beribadah lainnya.
Hubungan Manusia dengan Manusia Menghargai orang lain, sopan, salaing membantu, bekerjasama,
dll.
Hubungan Manusia dengan Alam Suka menanam, menyayangi hewan, menjaga   barang,   tidak
merusak lingkungan, dll.
2 Tsaqofah Keislaman Aqidah/Aqlak diwujudkan      melalui kurikulum       berbasis
  Islam     tauhid, diberikan melalui materi teori dan aplikasi dalam kehidupan. Setiap materi pelajaran juga harus  dikaitkan dengan Allah sang Pencipta sehingga keimanan anak pada Allah semakin meningkat.
Fiqih diberikan         melalui materi        keislaman,
materi                    ini
mengajarkan bagaimana        ibadah dengan  benar  sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah,      bagaimana mengamalkan     rukun Islam dan rukun iman dengan benar.
Do’a dan Hadis do’a dan hadist yang diberikan adalah do’a dan hadist yang berhubungan dengan amaliah sehari-hari disesuaikan dengan tumbuh kembang anak usia dini.
      Tahsin Tahsin deberikan setiap hari dengan target setiap anak memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tartil
Tahfidz diharapkan siswa memiliki hafalan Al- Qur’an yang memadai, untuk jenjang PAUD dengan target 1 juz,
Sirah Nabawi untuk mencontoh kepribadian Rasulullah Muhammad SAW, anak harus memiliki pengetahuan siapa dan bagaimana amalan Rasulullah. Setiap hari guru                    akan
membacakan buku sirah selama 5 s/d 10 menit, deberikan hikmah apa yang harus dicontoh dan apa yang harus dihindari.
3 Ilmu Kehidupan Program Stimulasi Motorik     dan sosial emosi. Stimulasi
Halus
Motorik Seluruh program stimulasi akan diberikan dengan menyenangkan, bermain sambail belajar, metode Active Learning,
Stimulasi
Kasar
Motorik
Stimulasi Sosial
      Emosi berbasis tauhid, problem based learning dan project based learning.
Stimulasi Bahasa
Stimulasi           Pra
Matematika
Stimulasi Pra Sains
Olah Raga
Seni – Karya