Skip to content
www.islamicglobalschool.sch.id
“Mencetak Generasi Berkepribadian Islam”
Kurikulum SMP IGS

I. BLUE PRINT KURIKULUM SMP IGS

Kurikulum SMP IGS adalah seluruh program pembelajaran yang bersifat akademik maupun non akademik yang semuanya berorientasi pada tercapainya visi dan misi lembaga. Adapun Blue Print Kurikulum SMP IGS dapat igambarkan dalam lingkaran Visi dan Misi SMP IGS sebagai berikut :

kursmp-islamicglobalschool

II. PENJELASAN BLUE PRINT KURIKULUM SMP IGS

A. Maksud dan Tujuan Kurikulum

Kurikulum adalah “ program dan pengalaman belajar serta hasil-hasil belajar yang diharapkan, yang diformulasikan melalui pengetahuan dan kegiatan yang tersusun secara sistematis, diberikan kepada siswa di bawah tanggung jawab sekolah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan pribadi dan kompetensi sosial siswa.

Seluruh materi yang diberikan kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran selalu mengacu pada tercapainya Visi dan Misi sekolah. Secara umum kurikulum SMP IGS mengacu pada Kurikulum resmi yang ditetapkan oleh KEMENDIKBUDRISTEK yaitu kurikulum merdeka. Namun untuk menyesuaikan dengan karakter pendidikan Islam dan tuntutan pemenuhan pembelajaran inklusi, SMP IGS juga memadukan dengan kurikulum internal khas SMP IGS yang selalu menyesuaikan dengan tahap tumbuh kembang anak, pembentukan kepribadian Islam, menguasai tsaqofah Islam serta menguasi berbagai ilmu kehidupan.


B. Pengelompokan Bidang Kurikulum

Pengelompokan kurikulum di SMP IGS dibagi dalam tiga kelompok :

NO BIDANG KURIKULUM BENTUK PROGRAM MATERI KETERANGAN
1 Kepribadian Islam Budaya Sekolah Hubungan Manusia dengan Allah Mengimani Allah, Taat beribadah, mengagumi ciptaan Allah, Bersyukur kepada Allah, Amar maruf nahi munkar.
Hubungan Manusia dengan Dirinya Sendiri Mensyukuri  dirinya sebagai manusia, disiplin, pembelajar, menjaga kesehatan fisik dan pikiran, bersih dan rapi.
Hubungan Manusia dengan Orang Lain Jujur pada orang lain, menghargai pendapat orang lain, sopan dan santun, kasih sayang dan suka menolong, dapat bekerjasama.
Hubungan Manusia dengan Alam dan Lingkungan Menjaga kebersihan lingkungan, suka menanam dan merawat tumbuhan, menyayangi hewan, merawat lingungan.
2 Tsaqofah Islam Keislaman Aqidah/Aqlak Diwujudkan melalui kurikulum berbasis tauhid, diberikan melalui materi teori dan aplikasi dalam kehidupan. Setiap materi pelajaran juga harus dikaitkan dengan Allah sang Pencipta sehingga keimanan anak pada Allah semakin meningkat.
Do’a dan Hadist Do’a dan  hadist  yang diberikan  adalah  do’a dan hadist yang berhubungan    dengan amaliah sehari-hari
Tahsin, Tahfidz  dan Tafsir Al-Qur’an.

Tahsin deberikan setiap hari dengan  target  setiap anak memiliki kemampuan membaca    Al-Qur’an dengan tartil.

Tahfidz diharapkan siswa memiliki hafalan Al-Qur’an yang memadai, untuk jenjang PAUD dengan target 1 juz, untuk jenjang SD dan SMP target hafalan 3 sampai 5 juz sesuai dengan kemampuan siswa dalam menghafal.

Tafsir diharapkan siswa memahami kandungan Al-Qur’an, sehingga Al-Qur’an tidak sekedar dihafalkan namun juga diamalkan dalam kehidupan sehari- hari.

Bahasa Arab Bahasa Arab  bagi seorang muslim bukan bahasa asing, tetapi bahasa wajib yang harus dipelajari untuk memahami Al-Qur’an.
Sirah Nabawi Untuk mencontoh kepribadian Rasulullah Muhammad SAW, anak harus memiliki pengetahuan siapa dan bagaimana amalan Rasulullah. Setiap hari guru akan membacakan  buku sirah selama 5 s/d 10 menit, deberikan hikmah apa yang harus dicontoh dan apa yang harus dihindari.
Sirah sahabat Sirah sahabat Nabi diajarkan kepada siswa agar siswa dapat mencontoh perilaku dan kepribadian para sahabat Nabi Muhammad yang menjalankan semua ajaran Nabi Muhammad SAW secara utuh.
3 Ilmu Kehidupan Program Stimulasi dan Pembelajaran Matematika Seluruh program pembelajaran diberikan berbasis tauhid, metode Active Learning, Problem based learning, Project Based Learning
IPA/Sains
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Bahasa Arab
Bahasa Mandarin
IPS
Informatika
PKN
Olah raga
PKLH
Intrepreneur
Leadership