I. BLUE PRINT KURIKULUM SMP IGS
Kurikulum SMP IGS adalah seluruh program pembelajaran yang bersifat akademik maupun non akademik yang semuanya berorientasi pada tercapainya visi dan misi lembaga. Adapun Blue Print Kurikulum SMP IGS dapat igambarkan dalam lingkaran Visi dan Misi SMP IGS sebagai berikut :

II. PENJELASAN BLUE PRINT KURIKULUM SMP IGS
A. Maksud dan Tujuan Kurikulum
Kurikulum adalah “ program dan pengalaman belajar serta hasil-hasil belajar yang diharapkan, yang diformulasikan melalui pengetahuan dan kegiatan yang tersusun secara sistematis, diberikan kepada siswa di bawah tanggung jawab sekolah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan pribadi dan kompetensi sosial siswa.
Seluruh materi yang diberikan kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran selalu mengacu pada tercapainya Visi dan Misi sekolah. Secara umum kurikulum SMP IGS mengacu pada Kurikulum resmi yang ditetapkan oleh KEMENDIKBUDRISTEK yaitu kurikulum merdeka. Namun untuk menyesuaikan dengan karakter pendidikan Islam dan tuntutan pemenuhan pembelajaran inklusi, SMP IGS juga memadukan dengan kurikulum internal khas SMP IGS yang selalu menyesuaikan dengan tahap tumbuh kembang anak, pembentukan kepribadian Islam, menguasai tsaqofah Islam serta menguasi berbagai ilmu kehidupan.
B. Pengelompokan Bidang Kurikulum
Pengelompokan kurikulum di SMP IGS dibagi dalam tiga kelompok :
NO | BIDANG KURIKULUM | BENTUK PROGRAM | MATERI | KETERANGAN |
---|---|---|---|---|
1 | Kepribadian Islam | Budaya Sekolah | Hubungan Manusia dengan Allah | Mengimani Allah, Taat beribadah, mengagumi ciptaan Allah, Bersyukur kepada Allah, Amar maruf nahi munkar. |
Hubungan Manusia dengan Dirinya Sendiri | Mensyukuri dirinya sebagai manusia, disiplin, pembelajar, menjaga kesehatan fisik dan pikiran, bersih dan rapi. | |||
Hubungan Manusia dengan Orang Lain | Jujur pada orang lain, menghargai pendapat orang lain, sopan dan santun, kasih sayang dan suka menolong, dapat bekerjasama. | |||
Hubungan Manusia dengan Alam dan Lingkungan | Menjaga kebersihan lingkungan, suka menanam dan merawat tumbuhan, menyayangi hewan, merawat lingungan. | |||
2 | Tsaqofah Islam | Keislaman | Aqidah/Aqlak | Diwujudkan melalui kurikulum berbasis tauhid, diberikan melalui materi teori dan aplikasi dalam kehidupan. Setiap materi pelajaran juga harus dikaitkan dengan Allah sang Pencipta sehingga keimanan anak pada Allah semakin meningkat. |
Do’a dan Hadist | Do’a dan hadist yang diberikan adalah do’a dan hadist yang berhubungan dengan amaliah sehari-hari | |||
Tahsin, Tahfidz dan Tafsir Al-Qur’an. |
Tahsin deberikan setiap hari dengan target setiap anak memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tartil. Tahfidz diharapkan siswa memiliki hafalan Al-Qur’an yang memadai, untuk jenjang PAUD dengan target 1 juz, untuk jenjang SD dan SMP target hafalan 3 sampai 5 juz sesuai dengan kemampuan siswa dalam menghafal. |
|||
Bahasa Arab | Bahasa Arab bagi seorang muslim bukan bahasa asing, tetapi bahasa wajib yang harus dipelajari untuk memahami Al-Qur’an. | |||
Sirah Nabawi | Untuk mencontoh kepribadian Rasulullah Muhammad SAW, anak harus memiliki pengetahuan siapa dan bagaimana amalan Rasulullah. Setiap hari guru akan membacakan buku sirah selama 5 s/d 10 menit, deberikan hikmah apa yang harus dicontoh dan apa yang harus dihindari. | |||
Sirah sahabat | Sirah sahabat Nabi diajarkan kepada siswa agar siswa dapat mencontoh perilaku dan kepribadian para sahabat Nabi Muhammad yang menjalankan semua ajaran Nabi Muhammad SAW secara utuh. | |||
3 | Ilmu Kehidupan | Program Stimulasi dan Pembelajaran | Matematika | Seluruh program pembelajaran diberikan berbasis tauhid, metode Active Learning, Problem based learning, Project Based Learning |
IPA/Sains | ||||
Bahasa Indonesia | ||||
Bahasa Inggris | ||||
Bahasa Arab | ||||
Bahasa Mandarin | ||||
IPS | ||||
Informatika | ||||
PKN | ||||
Olah raga | ||||
PKLH | ||||
Intrepreneur | ||||
Leadership |